Langsung ke konten utama

SISTEM DRAINAGE WATER SEAL DRAINAGE


Pengertian Water seal drainage (WSD) adalah suatu unit yang bekerja sebagai drain untuk mengeluarkan cairan dan udara melalui selang dada dan mencegah aliran balik.

baca juga: 

Asuhan Keperawatan Diare



Bedanya tindakan WSD dengan tindakan punksi atau torakosentesis adalah pemasangan kateter / selang pada WSD berlangsung lebih lama dan dihubungkan dengan suatu botol penampung. Pemasangan WSD ini dengan indikasi sebagai berikut ;-  Pneumothorax , Hemotoraks , Efusi pleura , Empiema Dengan tujuan pemasangan yaitu, Untuk mengeluarkan udara, cairan atau darah dari rongga pleura , Untuk mengembalikan tekanan negatif pada rongga pleura , Untuk mengembangkan kembali paru yang kolaps dan kolaps sebagian , Untuk mencegah reflux drainase kembali ke dalam rongga dada . Water Seal Drainage (WSD) adalah Suatu sistem drainage yang menggunakan water seal untuk mengalirkan udara atau cairan dari cavum pleura ( rongga pleura)

baca juga: 
Asuhan Keperawatan Fraktur

Paru-paru merupakan organ yang elastis, berbentuk kerucut dan letaknya dalam rongga dada atau thoraks. Kedua paru-paru saling terpisah oleh mediastinum sentral yang berisi jantung dan beberapa pembuluh darah besar. Setiap paru-paru mempunyai apex ( bagian atas paru-paru) dan basis. Pembuluh darah paru-paru dan bronchial, syaraf, dan pembuluh limfe memasuki tiap paru-paru pada bagian hilus dan membentuk akar paru-paru. Paru-paru kanan lebih besar dari kiri dan dibagi menjadi tiga lobus. Paru-paru kiri dibagi menjadi dua lobus. Lobus-lobus tersebut dibagi menjadi beberapa segmen sesuai dengan segmen bronkusnya. Paru-paru kanan dibagi menjadi 10 segmen sedangkan paru-paru kiri dibagi menjadi 9 segmen.

baca juga:

Anatomi dan Fisiologi Kardiovaskular

Sobat askepqt.blogspot.com untuk file legkapnya SISTEM DRAINAGE WATER SEAL DRAINAGE bagi yang berminat silahkan download versi lengkapnya berikut ini. 

Postingan populer dari blog ini

Asuhan Keperawatan Hirschsprung (hirs)

Kali ini  askepqt.blogspot.com akan membahas Asuhan keperawan Hertzsprung  (hirs)  BAB I PENDAHULUAN A.    Latar Belakang Gangguan pada saluran pencernaan pada bayi dan anak dapat disebabkan oleh kelainan bawaan atau didapat. Gangguan akibat kelainan yang didapat disebabkan trauma atau adanya infeksi baik pada saluran pencernaan atau di luar saluran cerna. Sedangkan gangguan akibat kelainan bawaan bisa disebabkan oleh kelainan genetik ataupun adanya infeksi yang diderita ibu pada saat hamil. Kelainan bawaan itu diantaranya yaitu hirschsprung atau lebih dikenal dengan megakolon kongenital. Dimana pada tahun 1886 Hirschsprung mengemukakan 2 kasus obstipasi sejak lahir yang dianggapnya disebabkan oleh dilatasi kolon. Kedua pasien tersebut meninggal. Dikatakan pula bahwa keadaan ini merupakan kesatuan klinik tersendiri dan sejak itu disebut sebagai penyakit Hirschsprung atau megakolon kongenital. untuk file lengkpanya dalam bentu Ms. Word silahkan download di link

CARDIAC REHABILITATION IN ACUTE MYOCARDIAL INFARCTION

Sobat askepqt.blogspot.com kali saya akan membagikan tentang  CARDIAC REHABILITATION IN ACUTE MYOCARDIAL INFARCTION   bagi yang berminat silahkan  download versi lengkapnya berikut ini. 

ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN Dg “ SYOK “

Sobat askepqta.blogspot.com kali saya akan membagikan tentang  ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN Dg “ SYOK “  bagi yang berminat silahkan  download versi lengkapnya berikut ini.